Persiapan Membangun Usaha Bimbingan Belajar

Persiapan Membangun Usaha Bimbingan Belajar

Di dalam menjalan usaha bimbingan belajar (bimbel), kita harus memiliki perencanaan yang matang serta mempersiapkan segala hal yang dibutuhkannya. Artikel ini akan menjelaskan secara singkat komponen apa saja yang harus diperhatikan oleh pendiri bimbel.

Faktor pertama yang harus diperhatikan adalah menentukan konsep bimbingan belajar yang akan kita bangun. Misalnya bimbel ini diperuntukkan untuk jenjang pendidikan apa saja, apakah seluruh jenjang pendidikan mulai dari SD kelas I hingga SMA kelas XII atau hanya sebagian. Pelajaran apa saja yang akan dipelajari di setiap jenjangnya. Jumlah siswa per kelas pun perlu ditentukan. Hal ini akan menentukan jenis bimbel yang akan dibangun, misalnya privat atau semi privat.

Faktor berikutnya adalah lokasi bimbel. Pilih lokasi bimbel yang strategis. Sebaiknya kita memilih lokasi yang dekat dengan sekolah atau jalur yang ramai dilewati anak sekolah. Dengan demikian kita tidak perlu mengeluarkan biaya promosi yang besar. Perlu juga kita perhatikan lokasi yang mudah dijangkau oleh kendaraan umum agar mudah diakses oleh siswa.

Ketiga adalah konsep pemasaran. Pemasaran yang menarik dan menguntungkan biasanya akan mudah dilirik oleh siswa. Faktor terakhir yang tidak kalah penting dan bahkan menentukan adalah pola manajemen keuangan. Pastikan arus masuk dan keluar keuangan bimbel dapat tercatat dengan baik sehingga bimbel yang kita bangun tidak mengalami kerugian.