Peluang Mendirikan Bisnis Bimbingan Belajar

Salah satu ide segar yang layak Anda lirik dalam mencoba usaha di rumah adalah usaha bimbingan belajar. Usaha ini seolah tidak pernah kehabisan konsumen, bahkan semakin dibutuhkan masyarakat sebagai penunjang pendidikan.

Salah satu yang cukup potensial adalah bimbingan belajar calistung alias Baca Tulis Hitung. Bimbingan belajar jenis ini bisa menjadi jawaban dari tuntutan masyarakat terhadap anak usia 5 tahun untuk bisa menguasai calistung.

Bila 20 tahun lalu anak dituntut bisa menguasai calistung pada usia 7 tahunan, kini anak usia 5 tahun sudah diharapkan menguasai calistung. Meski sudah dilarang, beberapa SD masih menerapkan tes masuk dengan soal calistung sebagai syarat masuknya. Itu sebabnya banyak orang tua berkejaran mencari bimbel calistung untuk membantu anak-anak mereka.

Meski pendidikan calistung sudah tersedia di pendidikan formal, ternyata banyak orang tua yang menilai perlunya kursus atau bimbel yang membantu anak secara intensif untuk lebih cepat menguasai calistung. Cara yang intensif dirasa lebih efektif dalam menyampaikan materi calistung. Celah inilah yang bisa menjadi peluang untuk Anda.

Apalagi bila Anda memiliki rumah di kawasan hunian dan perumahan. Anda bisa mengandalkan pasar potensial dari lingkungan sekitar Anda sendiri. Banyak ibu yang lebih tertarik mengkursuskan anak usia 5 tahunnya ke lembaga bimbel terdekat. Jadi semakin dekat Anda dengan konsumen Anda tentu saja lebih baik. Itu sebabnya bisnis satu ini bisa jadi ide segar untuk usaha rumahan.

Pertanyaan berikutnya adalah “bagaimana cara memulainya?”

Peluang sudah siap, tapi bagaimana cara menjalankan usaha bimbel ini, pertanyaan ini kerap muncul erutama bila Anda orang awam dalam bidang pendidikan. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda perhatikan.

  1. Survey pasar
    Jangan pernah mengabaikan survey pasar dalam memulai usaha. Salah satu fungsinya untuk memastikan Anda sudah tau daya beli pasar target Anda, peta persaingan, model yang diminati pasar dan sebagainya.
  2. Budgeting
    Usaha tanpa modal jelas mustahil, Anda tetap harus memiliki modal awal sekecil apapun itu. Anda bisa menyesuaikan pengeluaran Anda dengan modal yang ada dengan budgeting.  Manfaatkan aset yang sudah Anda miliki, karena dengan begitu Anda bisa sedikit berhemat. Susun kebutuhan Anda dan atur skala prioritas. Jadi penuhi kebutuhan yang menjadi prioritas utama dulu. Untuk Anda yang memerlukan modal tambahan bisa mencari alternative pinjaman atau pembiayaan yang sudah terbudget dengan baik.
  3. Persiapkan modul
    Salah satu yang menjadi kendala adalah materi, salah dalam menyusun materi bisa saja menggagalkan usaha Anda nantinya. Karena itu sebaiknya Anda mencari modul siap pakai dari jasa penyedia modul bimbel calistung yang profesional dan terbaik, serta jadikan ini sebagai prioritas utama Anda. Anda bisa menghubungi ke sini untuk informasi seputar modul bimbel calistung.
  4. Merencanakan pemasaran
    Meski Anda  hanya membuka usaha rumahan, bukan berarti Anda tidak membutuhkan langkah-langkah pemasaran. Anda tetap harus melakukan promosi untuk bisa mendapatkan konsumen. Bisa Anda mulai dengan promosi ke lingkungan sekitar Anda dengan media pertemuan warga atau promosi ke sekolah-sekolah sekitar Anda. Semakin baik Anda berpromosi semaki baik hasilnya. Beberapa usaha bimbel menawarkan masa diskon atau free time untuk mengenalkan konsep pembelajaran pada calon konsumen.
  5. Itu tadi jurus-jurus jitu dalam memulai usaha kursus bimbel calistung. Untuk melengkapi informasi saya kali ini saya sertakan contoh proyeksi keuangan sebagai referensi bagi Anda.
Modal awal
Papan tulis Rp 70.000  
Meja ( 10 buah) Rp 400.000  
Karpet evamat puzzle huruf Rp 500.000  

Soft Copy Modul

Rp 1.000.000  
Lampu dan kipas angin Rp180.000 Rp 2.150.000
     
Modal kerja
Materi belajar (@ Rp 15.000) Rp 750.000  
Alat tulis Rp 20.000  
Promosi bulanan Rp 200.000  
listrik Rp 5.000  
Administrasi Rp 25.000

Rp 1.000.000

     
Pendapatan
SPP ( 10 anak x 5 kelas x 50.000)   Rp 2.500.000
     
Keuntungan   Rp 1.500.000
     

Dengan berdasar pada perhitungan di atas, Anda bisa melihat bahwa Anda bahkan bisa BEP dalam tempo 2 bulan saja. Angka yang cukup menjanjikan bukan? Nah bagaimana menurut Anda peluang mendirikan bisnis bimbingan belajar di rumah Anda?

logo

Inovasi Tiada Henti