Mengelola Bimbel Rumahan Menjadi Profesional

Mengelola Bimbel Rumahan Menjadi Profesional

Bisnis bimbel saat ini sudah menjamur, namun banyak dari mereka yang masih dalam skala rumahan belum menjadi sebuah bimbel profesional. Mereka masih sulit untuk keluar dari zona aman mereka sehingga cenderung sulit mengawali yang baru. Jika Anda belum mengelola bimbel Anda secara profesional, yang banyak Anda jumpai adalah orang tua yang terlambat membayar biaya les, atau bahkan ada yang tidak membayar sama sekali.

Kejadian ini disebabkan oleh beberapa faktor sehingga bimbel Anda tidak bisa berkembang:

Lokasi

Tahukah Anda jika bimbel Anda masih dalam skala rumahan? Para pelanggan kita akan menganggapnya sebagai bimbel murahan dan mereka mengira kita tidak serius. Sehingga, mereka menyepelekan iuran bulanan. Untuk mengatasinya, yakinkan ruang kelas atau bangunan yang menjadi lokasi bimbel dibuat senyaman mungkin, dan memiliki AC. Ini akan membuat mereka berpikir bahwa kita serius, dan bayar terlambat bisa diantisipasi.

Manajemen Tunggal

Bimbel yang masih skala rumahan biasanya hanya dikelola sendiri, dari keuangan, marketing hingga pengajaran. Jadi, usahakan Anda untuk memperkerjakan orang lain sehingga kita punya alasan untuk para pelanggan.

Modul dan Bank Soal

Identitas sangat penting bagi sebuah bimbel. Maka, usahakan Anda untuk memiliki modul sendiri. Ini pertanda bahwa kita telah mempunyai identitas. Jika Anda kesulitan, dengan modal sedikit, Anda sudah bisa memiliki modul lengkap yang masih soft file. Modul SD SMP dan SMA ini tersedia secara online dan bisa dibeli dengan harga terjangkau.

Sewa Ruko

Jika Anda sudah bertahun-tahun berlokasi di rumah, maka cobalah untuk menyewa sebuah ruko atau rumah khusus sebagai lokasi bimbel. Ini akan membuat bimbel Anda menjadi tampak profesional. Untuk masalah uang sewa, Anda tidak perlu khawatir. Anda bisa menaikkan biaya les dari para siswa.

Inti dari faktor tersebut adalah jangan mudah menyerah, dan kalau kita memang sudah bertekad untuk menjadikan bimbel lahan rejeki kita, akan selalu ada jalan bagi kita untuk maju. Sedikit demi sedikit dengan tips marketing yang baik, Anda bisa memajukan bimbel Anda semakin profesional.