Bagaimana Sistem Pengajaran di Bimbel?

Bagaimana Sistem Pengajaran di Bimbel?

Pengajaran adalah aktivitas kunci sebuah bimbel bisa memuaskan siswanya atau tidak. Itulah alasan mengapa sistemp pengajaran di sebuah bimbel harus dipersiapkan secara matang. Berbicara sistem, ada beberapa contoh yang bisa Anda terapkan untuk bimbel Anda. Berikut ini bagaimana sistemp pengajaran di bimbel dilakukan, termasuk kelebihan dan kekurangannya.

Bimbel Model Kelas

Di banyak bimbel yang kita temukan di sekitar kita, pada umumnya menggunakan model kelas, dimana tiap kelas mengajar 10 hingga 15 orang. Sistem ini bagus diterapkan pada sekolah negeri, tetapi jika siswanya berasal dari sekolah Nasional plus atau Internasional, maka sistem ini tidak cocok diterapkan.

Tentorlah yang paling banyak memperoleh keuntungan dengan model ini karena bisa mengajar banyak siswa dalam waktu yang sama. Mereka juga bisa fokus pada satu materi. Bimbel pun mampu meraup omset lebih besar dengan banyaknya siswa yang diajar.

Namun demikian, model kelas kurang mengakomodasi seluruh siswa. Pemahaman tiap individu menjadi teabaikan. Materi yang diajarkan pun tidak sama dengan yang akan dipelajari siswa besok di sekolah.

Bimbel Model Semi Privat

Jika bimbel Anda baru saja berdiri, pilihlah model semi privat. Hampir sama dengan model kelas, tapi model semi privat hanya mengajar 3 hingga 4 murid di tiap kelasnya. Cocok untuk mengajar siswa sekolah Nasional Plus dan Internasional.

Keuntungannya adalah waktunya yang fleksibel karena bisa menyesuaikan dengan kegiatan siswa. Dengan pengaturan tempat yang sederhana, sistem penggajian tentor pun menjadi lebih mudah. Di sisi lain, model semi privat mengharuskan tentor untuk sangat paham terhadap apa yang diajarkannya. Selain itu, ada kemungkinan siswa tidak cocok dengan tentor tertentu jika tentor tersebut yang sudah terlanjur dekat dengan siswa, keluar dari bimbel.

Bimbel Model Privat

Sistem pengajaran model privat hamper sama dengan semi privat. Hanya saja, tiap tentor hanya mengajar satu orang. Diperlukan sebuah tanggung jawab yang besar dari tentor untuk memahami materi dan mampu mengajarkannya kepada siswanya. Bimbel yang baru awal berdiri cocok menggunakan sistem ini. Jika siswanya bertambah, gunakan model semi privat.

Itulah tiga sistem pengajaran bimbel yang bisa diterapkan. Manakah model yang paling cocok untuk bimbel Anda?